Monday, June 18, 2007

SERANGKAIAN KEGIATAN MANAJER BARU

Dua sejarah baru telah tercatat di Aceh. Pertama dengan pelaksanaan pilkada yang mendapat pujian hampir seluruh dunia karena suksesnya berlansung di daerah pasca komplik dan bencana. Dan yang kedua baru sekarang dalam sejarah Aceh seorang pemimpin dipilih secara langsung oleh rakyatnya.
Dari hasil pilkada itulah telah menghasilkan manajer baru yang akan menjadi pemimpin kita 5 tahun kedepan di Aceh ini. Bagaimana jalannya roda pemerintahannya? Itu yang kita nikmati bersama. Mudah-mudahan akan sesukses dengan pelaksanaan pilkada tersebut. Yang pasti kita harapkan mereka yang telah kita tersebut sudah siap untuk menerima dan menjalankan amanah ini.
Dan kunci sukses dari seorang manajer tahu tentang fungsi manajemen. Dalam kehidupan sehari-hari sering kita berbicara tentang manajemen. Setiap orang memberikan pengertian yang berbeda-beda, namun pada dasarnya dapat kita berikan satu pengertian. Manajemen adalah merupakan proses kegiatan seorang pemimpin yang dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang ilmiah dan praktis untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan dengan kerja sama dengan orang lain serta memanfaatkan sumber-sumber yang diperlukan. Jadi maksud dan hakekat manejemen adalah untuk mencapai suatu tujuan tertentu harus ada kerja sama dan pemamfaatan sumber-sumber yang diperlukan, hal ini dilakukan oleh pemimpin.
KEGIATAN/FUNGSI
Untuk dapat bekerja secara efektif sebagai pemimpin sangat diperlukan pemahaman tentang bagaimana organisasi berfungsi, maka dia harus melakukan serangkaian kegiatan atau fungsi yang tepat berupa :
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Pengarahan/pendorong
4. pengendalian
1. Perencanaan
Pada masa kampanye atau masa memperkenalkan diri kepada publik dulu anda telah mamaparkan bagaimana program kerja jika nantinya anda jadi pimpinan, dalam melakukan suatu tindakan terlebih dahulu menentukan apa yang akan dilakukannya, bagaimana menggunakan sumber-sumber atau sarana-sarana dan waktu secara efesien dan efektif. Yang pasti kami sebagai rakyat sudah mimilih anda sebagai pemimpin, karana menurut kami anda mempunyai perencanaan yang strategis dan matang untuk dapat membawa perubahan bagi kami. Janji-janji yang dipaparkan pada masa-masa kampanye itu adalah utang yang sekarang akan kami tagih selaku rakyat.
2. Pengorganisasian
Pengorganisasian merupakan proses penyusun pembagian kerja kedalam unit-unit kerja dan fungsi –fungsinya, serta menetapkan orang-orangnya yang akan menduduki fungsi-fungsi tersebut dan menetapkan wewenang dan tanggung jawabnya sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada kami selaku rakyat.. Dalam penempatannya haruslah orang yang betul-betul mengerti dibidang tersebut dan tahu akan kepentingan kami, jangan nantinya ulama dibagi proyek, guru ditugasi menghitung proyek dan Dokter mengawasi proyek jadi siapa lagi yang mengajari kami dan mengobati sakit kami. Tegasnya pengorganisasian adalah untuk menyusun pembagian kerja kerja dan menetapkan orang setepat-tepatnya supaya perencanaan dan pelaksanaan kerja berjalan dengan sebaik-baiknya. Dan jangan yang gila akan kehormatan, karena kami butuh pelayanan bukan untuk menghormat.
3. Pengarahan/pendorong
Faktor manusia adalah yang terpenting didalam proses manajemen. Betapapun hebabnya rencana dan pengorganisasiannya tetapi kalau tidak ada manusianya yang akan melaksanakan tentu tidak akan jalan, semua hanya akan merupakan khayalan belaka. Dismping itu manusia sebagai makhluk yang berakal dia mempunyai pula emosi perasaan, keinginan , cita rasa dan lain sebagainya. Karena itu sangat dibutuhkan kebijaksanaan, kearifan dan ketelitian pepimpin.
Pemimpin harus pandai memegang perasaan yang dipimpinya. Kita ambil contoh bagaimana kepemimpinan pada masa Khalifah Umar Bin Khatab dan Khalifah Umar Bin Abdul Azis, meraka memimmpin dengan sangat adil sampai-sampai jika negara dilanda kelaparan biar dia dulu yang merasakan lapar dan rakyatnya belakangan atau sebaliknya jika rakyat merasakan kekenyangan biar rakyat duluan yang merasakan kenyang dan dia belakangan. Itu sifat pemimpim yang kami rindukan, semoga para pemimpin kami dapat mengikuti jejak kedua Khalifah tersebut, minimal jika kami harus merasa lapar dia juga ikut merasakan lapar atau jika kami kekenyangan dia juga ikut merasakannya. Jangan sebaliknya ketika kami lagi kesusahan anda malah hilir mudik dengan mobil mewah dengan pangawal bemuka galak dan bersenang-senang di rumah megah dilengkapi dengan anjing pelacak atau bolak-balik tour keluar daerah sehingga lupa kepada kami sebagai rakyat anda.
4. Pengendalian
Pengendalian sangatlah penting agar kegiatan tetap konsisten dengan sasaran yang ditetapkan dalam perencanaan. Pengendalian harus dilakukan secara kontinyu sehingga mudah diadakan penilaian dan penyempurnaan, mudah pula diketahui hambatannya. Jangan sampai kami rakyat dijadikan musuh kaum elit oleh penguasa. Jika nanti ada staf anda yang menyimpang atau tidak mampu melaksanakan fungsinya harus segera ditindak atau kalau perlu segera diganti. Bagaimanakah tingkat keberhasilannya minimal hari ini lebih baik dari kemarin dan begitu seterusnya. Sehingga tercapai tujuan akhir yaitu kesejahteraan hidup kita bersama.
Akankah manajer baru kita itu akan segera membawa perubahan di Aceh? Yang pasti kalau dulu kita sebagai nelayan akan kembali kelaut, kalau pedagang akan kembali ke pasar dan kalau petani akan kembali ke ladang/sawah. Yang pasti harapan kita semua agar kedamaian akan terus terjaga supaya hasil tangkapan daripada nelayan dan hasil panen daripada petani dapat diperdagangkan ke pasar tampa ada kutipan atau pemerasan liar di tengah jalan. Sehingga roda perekonomiaan kita selaku rakyat dapat berputar dengan lancar.
Dan satu lagi pengharapan kita untuk para manajer baru kita itu jangan terus membuai rakyat dengan mimpi-mimpi kebanggaan masa lalu dan impian kejayaan masa depan yang tak berukur. Yang kita inginkan sekarang adalah terwujudnya masyarakat Aceh yang lebih maju dalam setiap aspek kehidupan.

No comments: